Resep Cakwe Ala abang-abang enak dan sederhana

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Mau berhasil buat cakwe….daripada beli satu cakwe bisa dijual Rp.2.000 lho..

yuk ikuti Resep ini…saya jamin Cakwenya bakal mirip 100% kayak abang2 yg dagang cakwe…berikut bahan-bahan dan cara membuatnya

Bahan :

- 1  sdm Baking Powder *pastikan pengembang msh aktif *
- 1/4 sdt Baking Soda *pastikan msh aktif juga dengan cara masukan ke air...jika berbusaberarti bisa langsung dipakai.><
- 1 sdt Garam
- 1 sdm Minyak Goreng *untuk adonan
- 1 Butir Telur
- 450 Gram Tepung Terigu
- 280 ml Air

Cara Membuat :

1.  Tuang Terigu kedalam wadah

 

2. Masukkan 1 sendok teh Garam – 1sm baking Powder – 1 sdt Baking Soda di wadah terpisah

1sdt Garam
1 sdm Baking Powder
1 sdt Baking Soda

3. Lalu Masukkan 1 Butir Telur

Masukkan 1 Butir Telur

4. Lalu Masukkan 280 ml Air kedalam wadah tadi

5. Masukkan Terigu kedalam Adonan Cair tadi

6. aduk adonan sampai teraduk rata *jangan menggunakan sendok besar cukup dengan tangan supaya gluten didalam terigu tidak pecah dan mengembang dng sempurna…* aduk adonan cair mengunakan sumpit

7. setelah teraduk rata adonan mulai lengket…jadi tambahkan 1sdm minyak untuk adonannya…..tuang minyak kewadah terpisah

8. Tutupi adonan tadi dengan plastik atau kain semalaman atau biar mantul 24 jam contoh selesai buat adonan jam 7 pagi tgl 23 berarti jam 7 pagi tgl 24 dah siap goreenggg… ( gausah masukin kulkas ya..nanti GATOT)

9. TIPS**Untuk melihat apakah adonanny berhasil atau tidak kalian bisa lakukan hal seperti dibawah setelah tiga jam adonan didiamkan : terlihat ada gelembung kecil di terigu seperti mendidih-didih = Adonan 100 % BERHASIL….><

kukuruyuukk……so…sdh pagi nih..yuk langsung kita siap2 adonan utk digoreng…ada beberapa tips yang harus diikuti supaya 100% Cakwe mengembang sempurna…eh? bukannya tadi bilang adonan dah 100 % berhasil?….iyaa….itu masih baru adonannya…belum cakwenya dong..

10. So…langsung tuang adonan yg tadi…..lalu potong potong sesuai selera kalian yah…mau besar , mini mini….yang penting adonanny dah siap digoreng….

11. panaskan penggorengan…tunggu sampai benar2 panas…lalu ceburkan satu cakwe…*sorry pas goreng ga difoto karna terlalu panas kompor nanti kameranya pecah*

Siaaapp deh cakwe nya untuk dipakai pelengkap Bubur Ayam….

Nyuuummmmyyy….lihat juga cara bikin bubur ayam kampung klik disini untuk resepnya

Sebelum kalian pergi saya akan memberi kalian tips2 cakwe supaya 100% berhasil yaa….

  • ***TIPS adonan***
  • – jangan terlalu lama di uleni atau diaduk akan mengakibatkan gluten terigu pecah dan nanti cakwenya bantet
  • – selalu perhatikan apakah Baking powder dan soda aktif atau tidak..dengan cara masukan sedikit ke dalam air dan lihat jika berbusa atau tidak jika berbusa berarti AKTIF dan jika tidak bisa anda buang beli baru…daripada adonannya bantet dibuang…
  • ***TIPS MENGGORENG***
  • – tunggu minyak benar2 panass..
  • – goreng cakwe satu per satu dahulu…dan jangan terlalu buru buru cukup api sedang saja ya..terlalu panas cepat kering tapi ga ngembang sempurna…terlalu adem juga lamaa ngembangnya…jadi ya sedang2 aja..
  • goreng pakai sumpit jangan pakai spatula
  • cara gorengnya digoyang2 pelan pelan supaya ngembang…

mohon ikuti takaran dan cara2 seperti diatas…jangan dikurangi atau dilebihkan…karena untuk ujicoba disarankan untuk mengikuti takaran mutlak terlebih dahulu baru bisa nanti di 2x kan respnya

Sekian Resep & Tips bikin membuat Cakwe seperti abang2…

semoga kalian bisa berhasil membuat cakwenya yaa..

Cakwe itu enaknya dimakan sama Bubur Ayam..

Jangan Lupa Untuk Tinggalkan Komentar dan share resep ini yaa kalau sdh berhasil buat cakwenya><…

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dlimbongsfamily (@dlimbongsfamily) pada

5 1 vote
Article Rating

More To Explore

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Coming
Soon